Followers

Selasa, 28 Mei 2013

Identitas Diri dan keluarga


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                       (RPP)                               

Sekolah                                    : SD Tuna Bangsa Semangat Jaya
Mata Pelajaran                         : IPS
Kelas/Semester                        : I (satu) /  1
Alokasi Waktu                         : 1 x 35 menit / (1 x pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat

C.     Indikator
·         Kognitif
Menyebutkan identitas diri, keluarga, dan kerabat
·         Afektif
Menampilkan hasil karya mengenai identitas diri, keluarga, dan kerabat
·         Psikomotorik
Menuliskan cerita mengenai identitas diri, keluarga, dan kerabat
D.     Tujuan Pembelajaran
·         Kognitif
 Siswa mampu menyebutkan identitas diri, keluarga, dan kerabat minimal 2 kalimat secara teratur
·         Afektif
Siswa mampu menampilkan hasil karya mengenai identitas diri, keluarga, dan kerabat minimal karakter dengan lancar
·         Psikomotorik
Siswa mampu menuliskan cerita mengenai identitas diri, keluarga, dan kerabat minimal 2 kalimat dengan rapi
E. Materi  Pembelajaran
1. Gambar keluarga
2. Gambar kerabat
3. Identitas diri sendiri
E.      Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Tanya jawab

F.      Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan awal (10 menit)
o   Siswa menjawab salam dari guru
o   Salah satu siswa memimpin doa
o   Siswa diabsen oleh guru
o   Guru memperkenalkan guru tamu yang akan membantu mengajar
o   Siswa diajak guru untuk bernyanyi
o   Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
·         Kegiatan inti (15 menit)
Eksplorasi
Ø  Siswa mengisi identitas diri yang dibagikan guru
Elaborasi
Ø  Setelah siswa mengisi identitas diri, guru memilih salah satu siswa untuk menceritakan identitas diri didepan kelas
Ø  Siswa menulis cerita tentang identitas keluarga dan kerabat
Ø  Siswa maju kedepan untuk menceritakan identitas keluarga dan kerabat dengan menggunakan wayan-wayangan
Konfirmasi
Ø  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang identitas diri, keluarga dan kerabat
·         Kegiatan penutup (10 menit)
o   Guru memberi kesimpulan tentang identitas diri, keluarga dan karabat
o   Guru memberikan pekerjaan rumah dan mengkonfirmasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
o   Siswa maju kedepan untuk memberikan kesimpulan
o   Siswa dan guru bernyanyi bersama
o   Salah satu siswa memimpin doa penutup



G.     Sumber Belajar
·         Buku IPS Kelas I SD Yudhistira
·         Gambar-gambar
H. Penilaian
·         Jenis                 : Non tes
·         Bentuk             : Non tertulis




Mengetahui,
Yogyakarta, 30 Mei 2012





Kepala Sekolah
                                                        
                                                        



Guru Kelas





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar